ramadhan

Promo Isi Ulang Pulsa

Harga Rp -

Asal-Usul Pasta masih Membingungkan
Walaupun sangat terkenal di Italia, ternyata para ahli belum sepakat tentang darimana pasta berasal. Hingga kini penelitian masih tetap berlangsung.
Mon, 20 Dec 2010

Sejauh ini sejarah pasta masih simpang siur, belum dapat dipastikan. Para peneliti kuliner belum mampu menyimpulkan secara pasti negara apa yang menghasilkan pasta pertama kalinya.

Ada peneliti yang mengatakan bahwa pasta berasal dari China, karena negeri Tirai Bambu ini adalah penghasil mi. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa mi sama dengan pasta, sehingga China bisa dikatakan sebagai negeri yang menghasilkan pasta pertama kali di dunia. Adapun mi dikonsumsi pertama kali di China sekitar tahun 1295. Mi buatan China ini kemudian dibawa ke Italia oleh Marco Polo, saat dia berkunjung ke China. Oleh-oleh Marco Polo ini sangat disukai oleh warga Italia, sehingga mereka mencoba membuatnya dan berkembang menjadi pasta seperti yang dikenal saat ini.

Peneliti lain menyatakan pasta berasal dari Sicillia, Italia. Masyarakat setempat telah mengkonsumsi pasta sebelum tahun 1138, sedangkan Marco Polo baru lahir satu abad setelah tahun itu. Tentang versi mana yang benar, sampai saat ini belum terjawab dan masih menjadi bahan perdebatan di antara para peneliti kuliner.

So...bagaimana dengan pasta di Indonesia? Kapan mulai dikenal dan siapa yang membawanya? Konon dibawa oleh para bangsawan Belanda selama masa penjajahan. Kabar ini barangkali cukup akurat, sebab saat Belanda datang ke Indonesia pada abad ke-16, pasta sudah dikenal di dunia.

Di Italia, pasta diolah dari campuran tepung gandum, telur, air, dan garam. Adonan yang sudah jadi bisa diolah menjadi apa saja, sesuai selera. Di sini hampir setiap tahun satu jenis pasta ditemukan. Saat ini sekurangnya ada 650 jenis pasta yang namanya berbeda-beda.

Pasta dengan ukuran tipis bak serabut dan memanjang dikenal sebagai spaghetti, variasi lain yang lebih langsing dari spaghetti disebut vermicelli, ada juga yang lebih pipih disebut liguinie. Sementara yang lebih tebal dijuluki fettucinie, cocok dijadikan hidangan utama bersama-sama dengan daging, sayuran dan seafood. Ada juga pasta berbentuk pendek mirip pena dan disebut penne, cocok diolah menjadi snack panggang atau rebus dengan campuran daging dan keju. Atau ada lagi pasta mirip kupu-kupu yang dijuluki farfalle, yang cocok dengan hidangan salad atau makanan utama dengan saus yang creamy, seperti mornay sauce.

 


Komentar terbaru
Login sebelum memberi komentar
Anda tidak mempunyai login OgahRugi?
gabung sekarang
 
 
Voucher terkait.Silakan baca juga

We Accept

www.ogahrugi.com © PT Indoritel Makmur Internasional, Tbk. All Rights Reserved

«
Kategori:

All

F & B

Product

Leisure

H & B

Service

Otomotif